[TIPS] DO's AND DONT's MAKEUP UNTUK REMAJA

11.10

Zaman sekarang,banyak remaja ,para pelajar yang udah menggunakan makeup,entah itu sekedar lipbalm berwarna dan bedak tabur sampai foundation+blush on+lipstick++++ ,sampai saya liat banyak meme di internet yang menyindir anak sekolah zaman sekarang.  
Pelajar kekinian
Sebenernya ga semua gini juga sih,di kotaku yg sebelahan sama jakarta masih jarang ditemuin yang kayak gitu. Ada sih,cuma ga banyak. Engga,saya ga begitu kok :)) gagal paham aja,ngapain harus begitu? Mungkin gue terlalu alay kali ya,maap.

Saya sendiri masih pelajar,tepatnya kelas 3 SMA yang lagi digantungin statusnya,ini mahasiswi atau pelajar SMA #tjieeeegitu (anak kuliahan coming soon), di sekolahku juga cukup banyak yang menggunakan makeup dari yang simple sampai yang cukup banyak tetapi natural,namun ada juga yang menurutku sedikit berlebihan. Dan tentu saja yang seperti itu langsung ditegur guru-guru,disuruh hapus makeup nya hehehe.
Menggunakan makeup untuk para pelajar menurutku sah-sah aja,bukan karena saya membela diri sebagai pelajar, tapi selama mereka menggunakannya dengan tidak mencolok,sekedar untuk membuat wajah terlihat fresh, kenapa gak?
Nah,kali ini saya mau membahas Do and Don’t atau apa saja yang “Boleh dan Tidak Boleh Dilakukan” sebagai pelajar dalam hal bermakeup (terutama makeup ke sekolah)

Do


  • Tampil senatural mungkin dan seminimalis mungkin
Gunakan bedak yang warnanya sesuai dengan warna kulitmu, atau bagi yang kulitnya berminyak,bisa menggunakan bedak tabur (loose powder) terutama di T-Zone (dahi,hidung). Loose powder akan menyerap minyak berlebih di wajah mu,jadi muka bisa tetap kelihatan fresh! :)
Bagi kamu yang mau nutupin bekas jerawat, bisa coba pakai BB cream, pakai yang diformulasikan untuk remaja,karena BB cream terkadang agak berat kandungannya buat kulit remaja.
Produk yang saya rekomendasikan:
Pixy BB Cream

Marina UV White Compact Powder 


Wardah Loose Powder

Face on Face Loose Powder
Zoya cc cream

  • Pilih liptint/lipbalm berwarna natural
Masalah yang sering terjadi itu bibir pucat. Wajah udah segar,tapi bibir kamu pucat,penampilanmu akan terlihat pucat juga. Saya menyarankan untuk pakai liptint/lipbalm berwarna dibanding lipstick. Kenapa? Menurutku finishing lipstick cenderung lebih bold dan terlihat "bermakeup” dibanding hasil liptint dan lipbalm berwarna. Nah, walaupun gitu, tetap pilih warna liptint / lipbalm yang natural ya! Untuk yang punya bibir pink pucat(tidak gelap dipinggirnya) dan kulit putih/kuning langsat, warna apapun cocok sih di bibir.( Lipice sheer color #pink

Nivea lipbalm strawberry,Peripera Milky Tint #milkypink , Etude House sweet cherry #hotpink #peach #pink ,tonymoly delight tint). Untuk yang pinggir bibirnya gelap, bisa coba liptint warna orange/peach :rekomendasiku :Peripera Milky Tint #milkypeach
Peripera Tint Water #orange
merah gelap,rekomedasiku : The Face Shop My Lips Eat  Cherry #bloodyred
Etude House Dear Darling Tint #vampirered

Sesuaikan dengan warna kulit
Terutama untuk bb cream dan bedak padat (compact powder) ada berbagai macam shade/warna, dari coklat tua,sampai coklat muda cenderungn kuning. Kamu bisa coba tes,caranya oles aja ke pipi kamu, terus baurin. Biasanya pencahayaan di toko itu suka nipu, nah makanya jangan langsung dibeli, pertama kesana buat tes, nah selanjutnya cari yang pencahayaannya kurang dan yang terkspos matahari, disitu bakan keliatan (terutama yang terekspos matahari) warnanya keputihan apa engga.

  • Akhiri dengan loose powder tanpa warna
Untuk kamu yang berkulit kering,bagian ini bisa dilewat. Gunakan loose powder tanpa warna (biasanya warna nya putih) di seluruh wajah terutama area T Zone tipis dan merata.
Rekomedasi : Marcks loose powder, Innisfree no sebum, Etude house zero oil control

Pakai eyeliner bentuk pensil
Sebenernya ini optional, saya sendiri gak pake eyeliner karena gak penting penting banget hehehe. Tapi saya pernah liat ada temen saya yg kayaknya sih pakai eyeliner,tapi natural banget,makanya saya bilang kayanya hahaha xD Dia pakai eyeliner di bawah matanya,tipis tipis,dan di deket luar mata aja(tempat cat eyes) dan itu ngebuat mata dia makin hidup gituu. Pakenya yang model pensil ya,bukan liquid,karena kayaknya susah juga buat dibawah mata pake liquid lol wkwk nangisproof waterproof juga :P warna coklat bakal oke banget!


Don’t

  • Pakai liptint merah gonjreng / lipstick pink
Saya memang bilang bibir gelap bagusnya pakai liptint warna merah sekalian, tapi itu bukan berarti warna merah gonjreng. Warna liptint yang bertekstur gel biasanya cenderung lebih “keluar” dibanding waterbased liptint. Maka dari itu,kalo kamu mau  pakai liptint tekstur gel,cari yang warnanya soft dan sebaliknya,kalo mau yang waterbased,warnanya yang agak nyala. Tentu gak semua waterbased tetap natural walau warnanya gonjreng, itu juga sesuai pengaplikasiannya di bibir. Gradation lips is better deh buat pelajar :)
liptintmerah gonjreng
Pakai bedak/bb cream shade nya lebih putih
Ini BIG NO sih. Mau tipis apalagi tebel,bb cream da bedak yang warnanya keputihan itu bikin makeup kelihatan aneh,dan medok. Apalagi kalo warna tangan lebih gelap dari wajah. Pokoknya engga banget lah. Kalo mau terlihat putih ya bukan gitu caranya,bukan dengan pake krim abal abal yang mutihin dalam 7hari juga sih. Ya,lebih baik pakai BB cream/bedak yang SEWARNA sama kulit wajahmu,karena walaupun sewarna juga bakal terlihat lebih cerah kok :)

  • Alis kayak shinchan
Menurutku sih ya,pake pensil alis ke sekolah itu ga penting penting banget. Alisku botak kok,warnanya gak hitam pekat pula. Kalo difoto,alisnya kayak kepala habis dibotakin. Masalahnya adalah,banyak pelajar yang masih buta dalam dunia peralisan (termasuk saya). Udah keren keren pakai pensil alis yang katanya gampang dipake,eh malah jadi ketebelan kayak shinchan.
Kalo yang gak buta peralisan gimana? Gunain pensil alis kalo lagi ada special event aja :)
meme alis shinchan
Pengaplikasian bedak gak rata
Warna bedak udah sama,pakenya juga udah tipis-tipis aja, eh aplikasiinnya gak rata,blentang blentong (bahasa apa iniii wkwk) udah deh gagal makeupnya. Perlu banget perhatiin,aplikasiin BB cream itu tipis-tipis aja dan searah tumbuhnya bulu wajah. Dan jangan lupa,cuci muka/bersihin minyak yang ada di wajah sebelum reapply bedakmu. Gak lucu kan kalo kamu pake bedak biar cantik dan fresh malah keliatan kayak abis main tepung sama cowo ala drakor kelempar tepung buat bakwan?

  • Pakai Makeup Pas Pelajaran Olahraga
Sebaiknya sih jangan menggunakan makeup ketika olahraga ya,karena nanti kalo makeupnya luntur,bercampur keringat dan minyak bisa memicu komedo dan jerawat hiiiyyy… emang sih nantinya wajah dibersihin,tapi ya mencegah itu lebih baik kan? Toh nantinya juga luntur walau pakai makeup pas olahraga hehehe

Yak segitu aja “Do and Don’t” dari saya tentang makeup untuk pelajar. Intinya adalah,jangan berlebihan dalam bermakeup untuk ke sekolah, jangan sampai kita sebagai pelajar mengubah image pelajar yang identik dengan belajar menjadi sesuatu yang negative (seperti yang kulihat dari beberapa pendapat di internet). Semakin natural kamu,semakin cantik kamu. 
Bersikaplah selayaknya pelajar dengan tetap peduli terhadap kegiatan akademis, selagi peduli terhadap dunia makeup/style . Jadilah pelajar yang bukan hanya pintar makeup,tapi juga pintar di akademis, jadi gak ada lagi yang bisa ngejudge cewe dandan itu bodoh (karena sebenernya ga ada hubungannya!). 

You Might Also Like

0 komentar

Thank you for your visit, let me know what do you think about this post, cantumin url blog kamu juga ya! :D