[TIPS] PERAWATAN KULIT UNTUK REMAJA

08.15



Hai kali ini saya gak mau review produk dulu, saya mau kasih informasi buat remaja sekarang yang  masih buta soal dunia per-skincare-an. FYI, skin care itu sesuatu yang wajib dilakuin buat semua orang baik itu cewek ataupun cowok IMO loh ya. Banyak temen-temenku yang masih buta dunia per-skincare-an atau mungki saya nya aja yang tau nya kebanyakan(?) hahaha rata-rata temenku baru menggunakan face wash atau sabun pencuci muka, ya ini emang benda yang wajib kita punya, lagi lagi IMO. Tapi oh tapi banyak remaja yang pakai face wash tanpa mencocokkan dengan kondisi wajahnya. Nah, sekarang saya mau ngejelasin apa yang pernah say abaca selama ini ngebolang di FD ~
Jadi ada beberapa tipe atau kondisi kulit,


  • Kulit berminyak

Biasanya kulit berminyak itu pori-porinya cenderung besar, mudah berjerawat, di seluruh bagian wajah mudah mengkilat alias berminyak. Kondisi ini sih sering dimiliki kulit remaja,karena puber juga.


  • Kulit kombinasi

Beberapa orang yang kulitnya kombinasi itu pori-porinya besar, tapi ada juga yang biasa aja,gak besar gak rapat juga.. nah, kulit ini cnderung berminyak di bagian T-zone alias hidung,atas alis(area dahi) dan dagu. Pipi cenderung kering atau normal. Ini adalah kondisi kulit saya.


  • Kulit kering

Pernah ada sensasi kulit ketarik sehabis cuci muka? Atau rasanya kulit wajah haus(?) banget? Kulit kamu ada yang terkelupas? Nah mungkin ini adalah kondisi kulit kamu. Agak sulit memang bedain kulit kering sama kombinasi, karena se pengalaman saya sih, habis cuci muka,terkadang bagian T-zone pun ikut kering.

“Produk apa yang harus digunakan?”

Nah apa kalian udah tau kondisi kulit kalian sekarang? Saya akan list produk apa aja yang bisa kalian pakai untuk merawat kulit remaja.

1. Face Wash atau Pencuci Muka

Saya rasa hampir semua remaja sekarang pakai face wash ya tiap harinya, jadi saya gak begitu bahas banyak. Untuk kulit berminyak cenderung berjerawat pilih face wash dengan kandungan  salicylic acid dan kalau bisa, cari face wash yang tidak begitu menguras minyak,karena pada dasarnya semua face wash itu akan menghilangkan minyak di muka. CMIIW
Untuk kulit kombinasi menurut saya tidak begitu bermasalah untuk face wash ya?
Untuk kulit kering, coba cari face wash yang mengandung pelembab seperti Hyaluronic Acid. Face wash jenis ini biasanya tidak membuat wajah kering setelah mencuci muka.


2. Moisturizer atau Pelembab
“Kulitku berminyak,kalo pake pelembab nanti tambah berminyak dong?” eits, singkirin pikiran itu, karena menurut yang saya baca, ada kondisi dimana kulit kamu berminyak karena kulit kamu dehidrasi!!! Ya, jadi sebenernya kulit kamu tuh butuh nutrisi lebih. Misalnya nih, kamu pakai face wash yang embel embel “menguras minyak” atau apalah itu, nah face wash itu akan “ngebuang” minyak yang ada di wajah kamu termasuk minyak alami, kalau minyak alami kamu dibuang, kulit jadi “haus” dong? Butuh sesuatu buat ngejaga kulit biar tetep lembab. Alhasil, kulit akan produksi minyak yang lebih untuk ngejaga kelembaban kulit kamu. Karena produksi minyak berlebih, kulit kamu jadi berminyak. CMIIW
Karena itu, mulai dari sekarang, coba pakai pelembab deh. Cari pelan-pelan yang kira-kira cocok buat kamu. Mungkin kondisi kulit setiap orang beda-beda, tapi coba deh cari review di internet, ketik aja “pelembab X bagus” atau “pelembab yang bagus” nanti muncul review  dari para blogger,kalian bisa baca kira-kira tekstur nya gimana, apakah comedogenic, bikin si penulis breakout gak, banyakan mana yang cocok atau gak cocok? Pertanyaan kayak gitu bisa terjawab dengan kamu baca baca review di blog.
Untuk kulit berminyak,kalian bisa coba pelembbab bertekstur gel,karena teksturnya ringan dan cepat meresap.
Untuk kulit kombinasi, kamu bisa aplikasiin pelembab didaerah selain T-zone kalau dirasa oily kalau diaplikasiin di seluruh wajah. Untuk tekstur,bisa lotion atau cream,disesuain aja.
Untuk kulit kering,kalian bisa coba pelembab bertekstur cream, karena biasanya daya lembab nya lebih tinggi. Atau kalau dirasa oily,kamu bisa pakai tekstur creamy tapi seperti lotion. Tidak padat dan seret ketika diaplikasikan di kulit.


3. Sunblock atau Sunscreen
Siapa yang gak pernah pakai sunblock ketika kegiatan outdoor? (sekolah,renang,dll) atau Cuma mengandalkan SPF yang ada di kosmetik kalian seperti bedak? Itu gak cukup loh. Ternyata nih, ada takaran untuk pemakaian sunblock sekitar ¼ atau ½ sdt untuk area wajah supaya dapat perlindungan maksimal. Atau pernah gak kalian udah pakai sunblock ,cukup banyak,tapi tetep aja belang? Apa habis pakai sunblock,kalian langsung terkena sinar matahari?  Ternyata, sunblock itu ada 2 jenis, chemical dan physical. Jenis physical itu bisa kita gunain langsung terkena matahari,tapi jenis chemical tidak bisa. Pernah baca "tunggu 15-20 menit sebelum terkena matahari langsung” di bagian belakang kemasan sunbock? Apa malah kalian ga pernah baca belakangnya :p? petunjuk disuruh tunggu 15-20menit itu ternyata untukk mengaktifkan si bahan sunbock loh. Jadi kalau kalian kena sinar matahari langsung,bahan pelindung nya itu belum aktif. Saya juga pernah bahas info tentang sunblock di sini.



4. Milk cleanser atau Cleansing Oil atau Cleansing water
Kalian pakai makeup? Atau sekedar pelembab dan sunblock aja? Terus kalian bersihinnya pakai face wash ? pernah coba gak habis cuci muka,kalian ambil kapas,tuang cleansing water,atau cleanser lainnya yang pakai kapas ke muka kalian. Coba deh lihat, ada apa di kapas kamu? Waaah ternyata pakai facewash aja gak cukup!!!! Mungkin beberapa face wash kemampuannya udah expert sampai makeup tebel pun bisa bersih,tapi kan ga semua face wash begitu. Kamu udah rajin maskeran,scrub, tapi komedo masih ada? Mungkin ini salah satu penyebabnya. Sisa makeup atau sun block masih nempel di pori-pori kamu hiiiii~~  

5. Masker dan Scrub
Mungkin banyak dari kalian terutama cewek yang  pernah maskeran,kalo saya sih sering hehe ada beberapa tipe masker, masker bubuk,masker jenis ini harus di seduh(?) dulu entah itu pakai air atau air mawar. Masker pasta, masker jenis ini versi simplenya masker bubuk, jadi tuh maskernya udah jadi,berbentuk pasta(krim gitu) jadi tinggal oles di wajah pakai jari atau kuas. Mask sheet, ini masker yang lagi rajin saya pakai karena gampang banget,gak perlu seduh,gak perlu kotorin tangan,gak perlu dibilas! Yess!! Tapi oh tapi biasanya nih,harganya cenderung lebih mahal dari pada masker lainnya,karena Cuma sekali pakai (khusus saya,2x pakai IRIT OY). Satu lagi peel-off mask, saya baru cobain satu merk,yaitu garnier. Jadi masker init uh bentuknnya gel,nanti dioles ke wajah (saya pakai jari) nanti masker ini akan mongering tapi tidak spt masker bubuk atau pasta, masker ini bisa kita kupas(?) jadi seakan kita mengangkat kulit mati kita. Kekurangan masker ini itu cepat mengering. Pernah saya taruh di lemari, dan kayakya ketekan jadi keluar dikit gelnya,dan kering gitu aja… :(
Untuk scrub, saya tidak menyarankan kulit berjerawat untuk melakukannya, karena ada kemungkinan bakteri jerawat menyebar dari si scrub itu.. maskeran dan scrubbing bisa dilakukan 2-3x seminggu.




“kira-kira, merk apa ya yang bagus untuk kulitku?”
Saya belum seberani itu merekomendasikan produk,kecuali memang itu benar-benar terasa di saya entah itu efek positif atau negatif. Tapi walaupun begitu, kondisi kulit tiap orang berbeda, produk yang cocok di A belum tentu cocok di B walaupun kondisi kulit mereka sama(misal sama-sama kulit kering atau berminyak). Maka dari itu, coba aja produknya sendiri, jadi kita bisaa tau apa produk itu cocok atau gak di kita.

Nah itu dia info singkat dari saya tentang Produk Apa Yang Harus Dipakai untuk perawatan kulit remaja. Info tadi saya dapat dari forum FD, dan beberapa blog yang pernah kubaca. Semoga info ini bermanfaat buat kalian remaja,supaya kulit kita tetap terjaga dan ketika tua nanti tidak terlalu banyak permasalahan kulit. Annyeong ~~
I just made ask.fm account. Feel free to ask! :D  https://ask.fm/miss_eun

You Might Also Like

12 komentar

  1. tipsnya berguna banget nih! aku jadi keinget aku udah lama nggak scrub wajah.. padahal scrub itu ngga kalah penting ya untuk menjaga kulit tetap cerah. anyway, ada rekomendasi sunscreen yg bagus untuk kulit oily? :D

    sensitive-explosive.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai deborah! Yang udah aku coba itu sunscreen acnes uv tint,itu bagus buat kontrol minyak,tapi agak tricky makenya. Atau coba skinaqua yang gel,atau biore watery essence (tekstur gel)

      Makasih udah berkunjung~ :)

      Hapus
    2. Bisa coba dari cetaphil kak:)

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  3. wajah ku juga jenisnya kombinasi, cuma normal sama berminyak, emang kesel banget ya kak di area T selalu berminyak apalagi kalau lagi kegerahan ditambah muka keringetan.. uh rasanya tuh kesel banget, tapi aku coba aja deh tipsnya di atas siapa tahu produksi minyak di area T-nya bisa agak berkurang.. hhe

    BalasHapus
  4. sama kak, wajahku juga tipe kombinasi dan di area T-nya berminyak tapi di daerah wajah lainnya normal-normal aja..

    BalasHapus
  5. Kak kalo jenis kulit aku apa ya?😂 kalo bangun tidur beh keringetan tapi ada yang mengelupas gitu kehausan kering di deket bibir udah lama gak sembuh sembuh. Udah cuci muka wajah kaya yang ketarik apalagi bagian pipi yang ada pori pori besarnya keringgg banget. Terus kalo pake cream sama bedak si komedo langsung berdiri tegak dari yang ketutup jdi muncul kalo udh pake cream sama bedak ditambah kulit yang mengelupas makin muncul tuh kalo pake bedak/cream. Tapi ya kak kalo udah menjelang siang wajah jadi berminyak banget gila segalanya jadi jelas apalagi pori pori huhu sad. Kadang kemerahan juga. Jerawat mati satu tumbuh 3. Jadi kulit jenis aku itu apa ya? Kering apa berminyak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kayaknya sih dehidrasi..aku bukan dokter kulit tapi ku pernah ngerasain sensasi dilema kulit kering tapi ada minyaknya haha
      mungkin facewash mu terlalu nguras minyak sedangkan pelembabmu ga cukup buat ngehydrate kulit abis cuci muka

      makasih udah berkunjung :)

      Hapus
  6. Kak kalau umur 14 tahun sebenarnya udah boleh gak sih pake skincare,mama bilang jangan pake apa2 dulu makanya aku cuma pake facewash'-'aku lagi cari skincare buat remaja dan kebetulan ketemu artikel kakak:) aku mau nanya boleh gak umur segitu pake laneige sleeping mask? Temen ku ada yg bilang bagus dipake tp aku kurang yakin,bisa tolong dibantu kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo menurutku sih kulit remaja emang ga perlu banyak skincare, tapi seenggaknya sunblock gitu tetep perlu
      laneige wsp emang ditargetin dibawah 20th bisa,cuma menurutku mending kamu ganti pake yang lebih natural semacam aloe vera gel (lidah buaya) kayak nature republic/the saem itu bisa dicari di guardian
      ini ga mutlak ya,bisa jadi kamu ga cocok.. coba aja icip icip punya temen

      makasih udah berkunjung, Hanna:)

      Hapus
  7. tipsnya bagus banget ka bisa digunain, makasih ka:)

    BalasHapus

Thank you for your visit, let me know what do you think about this post, cantumin url blog kamu juga ya! :D